Profil Prodi Komputerisasi Akuntansi

 

Program Studi Komputerisasi Akuntansi

Profil

Program Studi Komputerisasi Akuntansi sebagai salah satu program studi pendidikan vokasi (diploma) di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja di bidang informatika.

D3 Komputerisasi Akuntansi sangat mengutamakan peningkatan kualitas lulusan dan layanan kepada mahasiswa melalui metode pembelajaran student centric, didukung dengan sistem pembelajaran terintegrasi (e-learning, sistem informasi mahasiswa, sistem administrasi), kualitas tenaga pendidik yang diakui (tersertifikasi dosen dan praktisi industri), dan ketersediaan sarana-prasarana untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran mahasiswa.

Dengan fokus kompetensi lulusan di bidang informatika, khususnya pada komputerisasi akuntansi, lulusan dapat langsung mengimplementasikan keahlian yang didapatkan di dunia kerja.

Saat ini memegang akreditasi B dari BAN-PT, program studi Komputerisasi Akuntansi berkomitmen penuh untuk mencapai visi dan misi yang ditargetkan.

Visi

“Menjadi program studi berstandar mutu tertinggi di Indonesia tahun 2020 dengan lulusan yang berbudi pekerti luhur dan siap bersaing secara nasional dalam bidang komputerisasi akuntansi.”

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi dengan mengutamakan kemampuan praktis yang memiliki daya saing memasuki dunia kerja di bidang komputerisasi akuntansi.
  2. Menciptakan suasana akademik yang kondusif untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
  3. Membekali peserta didik dengan pendidikan soft skill dan budi luhur untuk menghasilkan lulusan berbudi pekerti luhur.
  4. Mendorong peran serta civitas akademika untuk menghasilkan penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan

Tujuan Umum :

  1. Menghasilkan lulusan professional berbudi pekerti luhur yang siap mengaplikasikan keahlian komputerisasi akuntansi di dunia kerja, berfokus pada bidang otomasi akuntansi dan basis data.
  2. Menghasilkan karya penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang komputerisasi akuntansi.

 

Tujuan Khusus :

  1. Menguasai dasar-dasar pengetahuan untuk melakukan proses otomasi akuntansi berbasiskan komputer yang menyediakan informasi akuntansi.
  2. Menguasai dasar-dasar pengetahuan dan bahasa pemrograman untuk mengimplementasikan rancangan sistem informasi menjadi aplikasi sistem informasi akuntansi.

Prospek Lulusan

Prospek lulusan dari program studi Komputerisasi Akuntansi jenjang Diploma 3 adalah ahli madya yang memiliki keahlian dalam mengotomasikan proses akuntansi, menggunakan software aplikasi sistem informasi akuntansi yang umum digunakan di dunia kerja, atau mengembangkan sendiri solusi sistem informasi akuntansi sesuai kebutuhan organisasi.

Prospek kerja awal meliputi:

  1. Accounting proffesional yang memanfaatkan sistem informasi akuntansi dalam melaksanakan proses siklus akuntansi
  2. Programmer/ developer bidang sistem informasi akuntansi
  3. Programmer /developer aplikasi berbasis web
  4. Database operator/administrator
  5. It support

 

Kurikulum

Kurikulum berbasiskan pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 5, dan sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi di Indonesia. Fokus belajar berorientasi pada kompetensi sesuai dengan bidang peminatan. Terdiri dari 110 SKS dalam 6 semester perkuliahan dengan metode kuliah mengutamakan praktikum (> 50 % ) sehingga lulusan  lebih siap bekerja. Di semester akhir mahasiswa berkesempatan untuk mengambil ujian sertifikasi yang akan menjadi bukti kompetensi di dunia industri. Lebih detil dapat dilihat pada bagan prasyarat.

 

Bagan Prasyarat 2014 KA

Sarana Laboratorium

  1. 2 Laboratorium komputer khusus jenjang D3-FTI
  2. 1 Laboratorium komputer khusus untuk Cisco Academy
  3. Lebih dari 20 Laboratorium komputer, animasi, broadcast, robotik, dll yang tersedia sebagai resource sharing dengan program studi lain.