Home » Profil Prodi Manajemen Informatika

Profil Prodi Manajemen Informatika

Program Studi Manajemen Informatika

Profil

Program Studi Manajemen Informatika sebagai salah satu program studi pendidikan vokasi (diploma) di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja di bidang informatika.

D3 Manajemen Informatika sangat mengutamakan kualitas lulusan dan layanan kepada mahasiswa melalui metode pembelajaran student centric, didukung dengan sistem pembelajaran terintegrasi (e-learning, sistem informasi mahasiswa, sistem administrasi), kualitas tenaga pendidik yang diakui (tersertifikasi dosen dan praktisi industri), dan ketersediaan sarana-prasarana untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran mahasiswa.

Dengan fokus kompetensi lulusan di bidang informatika, khususnya pada computer network atau multimedia graphic, lulusan dapat langsung mengimplementasikan keahlian yang didapatkan di dunia kerja.

Saat ini memegang akreditasi B dari BAN-PT, program studi Manajemen Informatika berkomitmen penuh untuk mencapai visi dan misi yang ditargetkan.

Peminatan

  1. Interative Digital Design
  2. Network Engineering

Visi

“Menjadi program studi berstandar mutu tertinggi di Indonesia tahun 2020 dengan lulusan yang berbudi pekerti luhur dan siap bersaing secara nasional dalam bidang manajemen informatika.”

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi dengan mengutamakan kemampuan praktis yang memiliki daya saing memasuki dunia kerja di bidang manajemen informatika.
  2. Menciptakan suasana akademik yang kondusif untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
  3. Membekali peserta didik dengan pendidikan soft skill dan budi luhur untuk menghasilkan lulusan berbudi pekerti luhur.
  4. Mendorong peran serta civitas akademika untuk menghasilkan penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan

Tujuan Umum :

  1. Menghasilkan lulusan professional berbudi pekerti luhur yang siap mengaplikasikan keahlian manajemen informatika di dunia kerja, berfokus pada bidang pemrograman dan basis data.
  2. Menghasilkan karya penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang manajemen informatika.

 

Tujuan Khusus :

Menghasilkan lulusan ahli madya yang :

  • Menguasai dasar-dasar pengetahuan jaringan komputer sehingga mampu melakukan proses pengembangan dan implementasi jaringan komputer untuk pengelolaan informasi. (peminatan computer network)

ATAU

  • Menguasai dasar-dasar pengetahuan proses desain grafis dan multimedia sehingga mampu menerapkan dan mengaplikasikan proses pengembangan karya multimedia berbasis teknologi informasi. (peminatan multimedia graphic)

Prospek Lulusan

  • Profil lulusan MI peminatan Computer Network : Ahli Madya yang mampu mengidentifikasikan kebutuhan, mendesain, dan mengimplementasikan solusi jaringan komunikasi berbasis komputer untuk usaha kecil dan menengah.
    Prospek kerja awal meliputi :
  1. Network Engineer
  2. Network Administrator
  3. Junior Network Analyst
  4. System Engineer
  5. System Administrator
  6. Programmer /developer aplikasi berbasis web
  7. IT support
  8. Database operator/administrator

 

  • Profil lulusan MI peminatan Multimedia Graphic: Ahli Madya yang mampu mengidentifikasikan kebutuhan, mendesain, dan mengimplementasikan solusi branding organisasi menggunakan multimedia berbasis IT.
    Prospek kerja awal meliputi:
  1. Web designer
  2. Web design analyst
  3. Computer animator
  4. Multimedia analyst
  5. Programmer /developer aplikasi interaktif web
  6. IT support
  7. Database operator/administrator

Kurikulum

Kurikulum berbasiskan pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 5, dan sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi di Indonesia. Fokus belajar berorientasi pada kompetensi sesuai dengan bidang peminatan. Terdiri dari 112 SKS dalam 6 semester perkuliahan dengan metode kuliah mengutamakan praktikum (> 50 % ) sehingga lulusan  lebih siap bekerja. Di semester akhir mahasiswa berkesempatan untuk mengambil ujian sertifikasi yang akan menjadi bukti kompetensi di dunia industri. Lebih detil dapat dilihat pada bagan prasyarat.

Bagan Prasyarat 2014 MI-Net2014v04-MI-MG

 

Bagan prasyarat peminatan Computer Network                      Bagan prasyarat peminatan Multimedia Graphic

Sarana Laboratorium

  1. 2 Laboratorium komputer khusus jenjang D3-FTI
  2. 1 Laboratorium komputer khusus untuk Cisco Academy
  3. Lebih dari 20 Laboratorium komputer, animasi, broadcast, robotik, dll yang tersedia sebagai resource sharing dengan program studi lain.